Meskipun frozen food praktis, namun menyimpannya membutuhkan proses kehati-hatian. Setelah anda berbelanja olahan makanan beku seperti nugget atau sosis pastikan sesegera mungkin anda memasukkannya ke dalam freezer atau lemari es saat anda sudah berada di rumah dari Agen Frozen Food Jatiasih. Jika perjalanan dari lokasi belanja sampai ke rumah membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam, maka pastikan anda bisa tetap menjaga suhu tetap dingin. Anda bisa gunakan es batu atau dimasukkan ke dalam termos es yang anda bawa. Hal ini dikarenakan perubahan susu yang terjadi bisa mempengaruhi daya tahan bahan makanan tersebut.

Daya tahan frozen food 

Proses pembekuan untuk produk frozen food walau mencapai suhu terendah ternyata tidak bisa menghancurkan mikroorganisme yang berada di dalam makanan, namun hanya mampu menghentikan pertumbuhannya. Jadi mikroorganisme bisa kembali aktif dan berkembang biak jika berada dalam kondisi yang tidak cocok.

Daya tahan frozen food misalnya nugget atau sosis bisa disimpan pada suhu beku atau disimpan di dalam lemari es atau freezer bisa bertahan hingga 1 – 3 bulan. Sedangkan untuk olahan ham atau hotdog bisa bertahan di dalam freezer sekitar 1 hingga 2 bulan. Lalu ayam goreng frozen bisa bertahan hingga 4 bulan. Jika suhu freezer diatur serendah mungkin, maka beberapa produk seperti nugget bahkan bisa bertahan lebih dari 3 bulan. Jika suhu diatur sekitar 00C maka daya tahan makanan bisa menjadi lebih singkat.

Jadi ketahanan produk frozen food sangat bervariasi, tergantung pada pengolahan, jenis produk, suhu penyimpanan, kebersihan freezer, jenis kemasan dan sering tidaknya membuka freezer. Ketidakstabilan arus listrik juga mengakibatkan tidak konstan suhu pembekuan. Intinya produk frozen food harus disimpan pada suhu beku di dalam bagian freezer bukan di bagian lainnya di dalam kulkas.

 

Lihat juga beragam frozen food enak dan menarik lainnya di Agen Frozen Food Jatinegara

 

Ciri-ciri makanan beku rusak

Agar anda bisa mempertahankan keamanan dari makanan beku yang anda beli, pastikan jika anda bisa pertahankan produk beku tersebut masih tetap beku sampai anda memasaknya. Jika anda ingin men-defrost frozen food, pastikan anda tidak melakukannya di luar ruangan atau di ruang lembab di dalam rumah seperti dapur ataupun dapur.

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencairkan atau men-defrost produk makanan beku, seperti di dalam kulkas, menggunakan air dingin atau di dalam microwave. Beberapa produk frozen yang bisa dimasak tanpa harus dicairkan terlebih dahulu seperti nugget atau bahan makanan yang diberi tepung roti. Jika anda berbelanja, pastikan jika produk makanan beku diambil terakhir, saat anda sudah selesai berbelanja atau hendak membayar. Pastikan jika anda segera menyimpannya ke dalam kulkas setelah tiba di rumah.

Kandungan gizi frozen food 

Jika berbicara tentang kandungan gizinya, hal tersebut sangat bergantung pada jenis makanan beku tersebut dikarenakan proses antara satu produk dengan produk lainnya sangat berbeda. Misalnya saja proses pembuatan chicken nugget, ayam sudah disiangi terlebih dahulu dan sudah dipisahkan dari daging dan kulit, kemudian dicampur tepung, telur dan bumbu lainnya. Campuran tersebut kemudian melalui proses pengukusan dan pencetakan. Jika dilihat dari prosesnya, kandungan gizi pada nugget khususnya untuk kadar zat gizi makro mungkin saja masih relatif tinggi. Namun beberapa vitamin mungkin sebagian sudah rusak selama proses pengukusan, prefrying, defrosting lalu terakhir penggorengan pada saat anda memasaknya.

Ada yang menggunakan kandungan pengawet dan tidak 

Seperti yang kita tahu jika produk makanan beku ada yang menambahkan bahan pengawet namun ada juga yang tidak tergantung dari produk dan produsennya. Sebenarnya proses pembekuan sendiri sudah membuat makanan menjadi awet. Misalnya produk nugget biasanya jarang menggunakan pengawet karena biasanya menggunakan lesitin berasal dari keledai ataupun kuning telur.

Namun beberapa produk seperti daging olahan dan sosis, biasanya menggunakan tambahan sodium nitrit dalam mencegah pertumbuhan bakteri yang bersifat patogen yang berbahaya bagi tubuh. Jenis pengawet ini juga ditambahkan produk daging olahan lainnya selama proses curing untuk menambah cita rasa dan memperbaiki warnanya. Selama berada dalam kandungan yang sudah dianjurkan tentunya anda masih aman mengkonsumsinya. Beli produk frozen anda di Agen Frozen Food Jatiasih.

Beberapa Paket Catering Kami yg ada :

Call Now
WhatsApp